Langsung ke konten utama

Yuk Pahami ! Cara Format Flashdisk Lewat CMD

Bagaimana Memformat Flashdisk atau Flashdrive melalui CMD

" menggunakan pc ataupun laptop "



Flashdisk atau flashdrive merupakan suatu media penyimpanan yang masih sangat populer hingga saat ini. Hal ini karena flashdisk sendiri sangat praktis dan mudah untuk digunakan. Dengan bentuknya yang kecil ia bisa dibawa kemanapun tanpa memerlukan ruang yang besar. Meski memiliki fisik yang kecil, flashdisk jaman sekarang memiliki kapasitas penyimpanan yang tidak main-main. Bahkan saat ini sudah ada flashdisk dengan kapasitas hingga 2 Terabyte.
Segala kemudahan yang bisa kita dapatkan dengan menggunakan flashdisk sebagai media penyimpanan membuatnya tidak pernah kehilangan kepopuleran. Namun seperti 2 sisi mata uang, sesuatu pastilah mempunyai kelebihan dan kekurangan, begitu juga dengan sebuah flashdisk. Meskipun ia memiliki banyak kelebihan jika dibandingkan dengan media penyimpanan lain, flashdisk sangat lekat dengan rumor “mudah terkena virus”. Apakah benar flashdisk lebih mudah diserang virus dan malware daripada media penyimpanan lainnya?.
cara format usb flashdisk
Cara Format Flashdisk dengan CMD untuk Menghilangkan Virus
Sebenarnya cukup sulit untuk menjawab pertanyaan tersebut, pasalnya setiap media penyimpanan pastilah punya resiko untuk terinfeksi virus. Namun jika dilihat dari segi penggunaannya, mungkin memang flashdisk memiliki resiko yang lebih tinggi daripada media penyimpanan lainnya. Kenapa? Kita tahu bahwa flashdisk bersifat portable, artinya ia mudah dipindahkan serta digunakan di berbagai perangkat yang berbeda.

Nah hal inilah yang bisa menjadi kelebihan serta kekurangannya. Karena sering dipindahkan dari satu perangkat ke perangkat lainnya, tidak ada jaminan bahwa computer yang digunakan tersebut bebas dari virus dan malware. Yups, sebuah virus yang bersarang di sebuah perangkat tidak akan terus dia. Mereka akan selalu mencari celah untuk terus menginfeksi area lain yang memungkinkan untuk diaksesnya. Dan jika kalian menghubungkan flashdisk dengan laptop atau PC yang sudah terinfeksi, maka bisa-bisa virus tersebut menyebar ke flashdrive tersebut.
Jika suatu flashdisk sudah diserang dan terinfeksi malware, maka ada banyak hal buruk yang bisa terjadi. Misal saja ada data yang hilang atau terhapus dan bahkan bisa membuat flashdisk kita menjadi tidak terdeteksi dan terbaca ketika dihubungkan ke PC. Jika flashdisk kita yang berharga mengalami hal tersebut pastilah akan membuat kita jengkel. Namun tenang, ada banyak sekali trik yang bisa kalian gunakan untuk menyelamatkan flashdisk yang telah terinfeksi virus tersebut.


Cara Format Flashdisk Menggunakan Command Prompt Windows 7, 8 dan 10

Sebenarnya ada banyak cara untuk menyelamatkan flashdisk yang sudah terlanjur diserang oleh virus. Cara yang paling umum adalah dengan menggunakan aplikasi antivirus untuk melakukan scanning kemudian menghapus virus dan malware yang ada disana. Namun hal ini biasanya hanya untuk kasus ringan dan virus kelas teri. Bagi virus yang bandel, cara ini agaknya tidak bisa menjadi solusi.

Namun jangan khawatir, kalian masih bisa menyelamatkan nyawa flashdisk dengan cara memformatnya. Cara yang satu ini terbilang menjadi solusi ampuh untuk menghilangkan virus dan malware dari sebuah flashdisk. Kita bisa melakukan proses pemformatan dengan menggunakan aplikasi CMD, kenapa harus CMD? Sebenarnya windows explore sendiri bisa untuk memformat ulang flashdisk, namun CMD terbukti mampu bekerja lebih baik untuk hal ini.

Tutorial Menghilangkan Virus dan Malware dari Flashdisk Dengan CMD

Untuk yang pertama kita akan gunakan cara yang mudah dan terbilang simple. Cara ini digunakan untuk melakukan quick format pada flashdisk yang telah terkena virus dan malware. Silahkan ikuti tutorial berikut ini :
a. Pertama kalian cari tahu terlebih dahulu di port mana flashdisk kalian terhubung. Caranya sangat mudah yaitu kalian cukup membuka windows explore dan lihat pada bagian sisi kiri. Disana akan terlihat posisi flashdisk kita, punya saya kali ini ada di F:
Cara Format Flashdisk Dengan CMD Untuk Menghilangkan Virus
b. Buka aplikasi CMD, klik Start kemudian ketik CMD dan apabila sudah muncul tekan enter.
c. Setelah terbuka kalian bisa mengetikan perintah untuk melakukan pemformatan flashdisk sebagai berikut :

Cara Format Flashdisk Dengan CMD Untuk Menghilangkan Virus
Format /q /x F:

d. Q merupakan perintah untuk quick artinya pemformatan akan dilakukan secara cepat. Sedangkan x adalah perintah untuk eject apabila dibutuhkan saat proses pemformatan. F: disini adalah tempat flashdisk kita terhubung seperti yang telah kita bahas di awal, jadi silahkan sesuaikan dengan milik kalian.
Jika sudah semua silahkan tekan enter maka proses penghapusan data akan dimulai, tunggu saja hingga selesai.

Cara Menghapus Seluruh Data yang Ada di Flashdisk Menggunakan CMD

Untuk cara kedua ini lebih panjang dariada yang pertama karena bisa dibilang yang ini melakukan penghapusan sampai ke akar-akarnya. Jika quick format tidak juga berhasil, silahkan coba penghapusan total dengan cmd ini agar semua virus yang ada di flashdisk menghilang.
a. Langkah pertama adalah dengan membuka CMD seperti sebelumnya, kemudian kalian ketikan diskpart lalu tekan enter.
Cara Format Flashdisk Dengan CMD Untuk Menghilangkan Virus

b. Selanjutnya ketik list volume kemudian enter, silahkan cari tempat flashdisk kalian terhubung seperti tutorial pertama tadi. Disini masih ada di drive F: pada volum 4.
Cara Format Flashdisk Dengan CMD Untuk Menghilangkan Virus

c. Nah kemudian silahkan ketikan beberapa perintah berikut secara bergantian.
  • Ketik select volume 4 lalu enter, posisi volume 4 silahkan sesuaikan dengan punya kalian.
  • Ketik clean kemudian enter.
  • Ketik create partition primary kemudian enter.
  • Ketik select partition 1 kemudian enter.
  • Ketik active kemudian enter.
  • Ketik format fs=fat32 kemudian enter.
  • Ketik assign kemudian enter.
  • Ketik exit kemudian enter untuk keluar dari cmd.

Demikian tutorial lengkap tentang cara format flashdisk dengan menggunakan CMD di windows 7, 8 dan 10. Semoga panduan diatas bisa membantu kalian mengatasi flashdisk yang terinfeksi virus, tidak terbaca ataupun mengalami corrupt.             Semoga tutorial diatas bisa membantu .

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Yuk Pahami ! Apa Itu File CHK Dan Bagaimana Memperbaikinya

Apa Itu File CHK dan Bagaimana cara kembalikan file CHK   – Beberapa waktu lalu seorang teman meminta bantuan untuk mengecek usb flashdisk miliknya. Banyak File yang didalam FD tersebut tidak dapat dilihat dan di buka. ok saya coba membuka fd tersebut ke Laptop saya dengan menggunakan sistem operating system windows. Pada awalnya saya bingung “Folder apa ini..? Apa isinya..? apakah ini sebuah virus..? Kenapa di Hiiden oleh Windows..? Super Hidden lagi..!!! “ Dengan sedikit "nekad" saya buka folder tersebut, ternyata isinya hanya kumpulan file berekstensi *.CHK. Apa File CHK itu? Setelah saya selidiki dan mencari info tentang file ini, ternyata saya mendapatkan kesimpulan bahwa seluruh File-file penting saya (mulai dari gambar, music, Video, Word, dll) berubah menjadi file berekstensi CHK dengan penamaan yang terurut. Kapasitas file-file saya yang asli ternyata sama dengan jumlah kapasitas file tersebut. Hal ini diakibatkan terjadinya kerusakan / error (bad sector)

Yuk Pahami ! Cara menampilkan file yang hidden di windows 7, 8 dan 10

Cara menampilkan / melihat folder yang hidden atau tersembunyi di windows 7 , 8 dan 10 Secara  default , Windows menyembunyikan banyak file dan folder, tujuannya adalah mencegah pengguna agar tidak memodifikasi atau menghapus file/folder tersebut. Tapi Anda tetap dimungkinkan untuk mengakses file dan folder tersembunyi tersebut. Sebelum itu, akan saya jelaskan terlebih dahulu bagaimana cara menyembunyikan sebuah file/folder di Windows sebelum nantinya Anda belajar bagaimana cara memunculkan file/folder yang disembunyikan. Cara Menyembunyikan File/Folder di Windows Untuk menyembunyikan sebuah file atau folder caranya sangat mudah, cukup klik kanan pada file atau folder yang ingin Anda sembunyikan kemudian pilih  Properties dan centang kotak  Hidden  lalu klik tombol  Apply + OK , untuk memunculkannya kembali tinggal hapus centang dari kotak tersebut. Cara Memunculkan File/Folder Tersembunyi di Windows Windows 8 dan 10 Masuk ke sebuah direktori yang memang An